.::Pengumuman Hasil Try Out IMAGO Simultan Nasional 2015::.

UPGRADING IMAGO 2012-2013

UPGRADING IMAGO ,2-3 JUNI 2012 @wisma Ayah-Bunda ,Kali Urang Sleman Yogyakarta

imago.or.id - Agenda Imago yang bertujuan untuk memperbaiki,menata kepengurusan periode 2012-2013 ini sangat berkesan bagi temen-temen Imago yang mengikuti  Agenda ini. Pasalnya selain menginap seperti Agenda Makrab Imago yang penuh dengan game, acara yang berlangsung satu malam ini di selingi dengan sharing pengetahuan mengenai keorganisasian dan kepemimipinan oleh 3 pembicara  yang menginspirasi.selain itu Imago juga berdiskusi mengenai peran Imago yang akan mengiringi pemilukada  bojonegoro yang akan berlangsung Bulan November 2012. 3 pembicara yang inspiratif ini adalah 2 putra asli daerah Bojonegoro.
.
Ahmad anfasul marom,M.A (Bojonegoro), Danang W,S.ip (Bojonegoro), lutfi (Bandung jawa barat)

Materi pertama bertema kepemimipinan,pembicara adalah mas luthfi ,pemuda sedang menempuh pendidikan di Universitas Gajah Madha dan  ketua Badan Executive Mahasiswa Universitas Gajah Madha tahun 2010. Dalam penyamapaianya mas luthfi menyinggung  mengenai makna kepemimpinanan. “Kepemimpinan yang  tidak lepas dari karakter orang, sedangkan Ada beberapa poin dari karakter itu. Karakter itu banyak definisi yang tak lepas dari nilai. Apakah dari sebuah nilai yang diusung itu baik atau tidak dan itu lebih keparadigma. Karena dari nilai itulah menentukan keberpihakan kita kepada siapa” itulah sedikit kutipan dari sharing mas luthfi  dengan anggota Imago. Dari sharing ini muncul pertanyaan yang simple tapi bagus untuk masukkan seorang pemimpinan Organisasi.  ”untuk mas luthfi, Bagaimana dengan adanya metode kepemimpinan yang baik bagi pemimpin seorang pemimpin?”rosta.Imago 2010.

“Cara mengkoordinir seorang pemimpin ke organisasi yang dipimpinya tergantung style masing-masing orang(karakter). Ada 4 tips karakter kepemimpinan yang baik:

  1. Seorang pemimpin ketika organisasi yang dipimpin mengalami kegalauan dia sebagai supir, dia tidak     terbawa suasana yang galau juga tetapi dia  tenang  dan memberikan harapan pada anak buahnya.
  2. Ketika timnya sedang berhasil, ditengah2 uvoria pemimpin tidak tenggelam dari uvoria.  dia berkata kepada anggotanya untuk selalu berusaha lagi karena masih banyak target yang belum tercapai ibarat   Ketika mobil melaju kencangng dia ngerem “stay cool”.
  3. Ketika ada kegagalan tidak menyalahkan anak buahnya, dia berani mengambil tanggung jawab dan resik.
  4. Ketika menemukan kenikmatan kolektif dia tertinggal, tidak pertama yang merasakan.
  5. Pemimpin itu mansetnya tidak (di-) tapi (me-).”tanggapan dari mas luthfi.

Materi keorganisasian pembicara Ahmad Anfasul Marom,M.A putra asli daerah Bojonegoro yang Akrab dipanggil Mas A’an ini adalah Dosen Muda di fakultas Syariah Universitas Negeri Islam Sunan Kali jaga. dalam kesempatan ini beliau berbagi pengalaman yang beliau dapatkan ketika pulang kampung kedaerah mengenai fenomena sosial para oknum yang memanfaatkan kekuasaanya untuk mendapat keuntungan dari musibah yang dialami rakyat. Untuk hal ini beliau mengammbil contoh masalah dari daerah mengenai pasar di kecamatan baureno yang terbakar hebat pada 11 agustus 2011 yang akhirnya pada pembangunanya para oknum “penguasa” meminta harga beli lapak yang tidak wajar kepada para pedagang. Dari permaslahan yang ada,kita sebagai Mahasiswa ataupun sebuah organisasi diharapkan membangun pikiran,melatih kepekaan untuk mendengar dan merasakan masalah yang ada untuk melakukan analisis sosial dan pemetaann masalah untuk dirumuskan bersama. Hal semacam ini Tidak hanya membutuhkan  1, 2 kali proses.

Apa itu analisis sosial? mengandaikan bahwa kalian akan mengkaji masalah-masalah  yang ada di masyarakat. Ansos sebagai alat bantu untuk memahami masalah. Masalah apa yang ditemukan untuk ditindaklanjuti. Ansos sebagai alat bantu, bukan segala-galanya. Dari situlah muncul akar pohon buah untuk di evaluasi (bagus untuk masyarakat atau tidak) . menurut mas A’an perlu dilakukan  agar terbangun, terbangun, untuk megambil solusi adalah memupuk “since creses”. Yang tidak bisa dilakukan jendral sendiri.

Imago memang sudah merupakan organisasai kumpulan mahasiswa yang patut menjadi acuan untuk organisasi mahasiswa bojonegoro yang berada di kota lain karena setiap agendanya yang berbobot dan mendiskusikan permasalahan yang muncul dimasayarkat untuk menemukan jalan keluar yang terbaik untuk bersama. Nantikan dan ikuti agenda Imago beriktutnya. Salam Saiyeg Saeka Makarya Kagem Bojonegoro.

3 komentar:

Himawan Akhmadin S. mengatakan...

Terus Berkarya !!!
Smoga dg adanya kegiatan spt ini dpt smakin menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaan mahasiswa terhadap daerahnya :)

akhmad mukhyiddin mengatakan...

Ahmad anfasul marom,M.A, Danang W,S.ip dan lutfi Hamzah merupakan pembicara yang berpengalaman dan kompeten, semoga ilmu serta pengalaman yang dibagikan ke kita bisa memberikan out put kepada generasi Imago yang peka dan peduli minimal
terhadap Bojonegoro!

yogi sutopo mengatakan...

yang menjadi pertanyaan adalah, sudahkah diri kalian terupgrde???
semoga saja, dan segera diimplementasikan untuk IMaGo Innovation Event Soon...

Posting Komentar

 
 
 

Partner campus jogja

ugm amikom uny uii

Partner campus jogja

uin suka akprind imago uty

Partner campus jogja

umy aajy usd upnyk